Menilik kegiatan di bulan suci ramadhan: SMARTTREN

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ


Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin, wabihi nasta'inu 'alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu 'alaa asyrofil mursaliin, wa 'alaa aalihi wa sohbihi ajma'iin. Amma ba'du.

"Segala puji bagi Tuhan semesta alam. Kepada-Nya kami memohon pertolongan dalam urusan dunia dan agama. Shalawat dan salam atas nabi dan rasul yang paling mulia, dan atas keluarganya serta para sahabatnya seluruhnya. Adapun sesudah itu."


Di bulan suci yang penuh berkah ini semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat wal'afiat dikelilingi kebaikan begitupun selalu bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah S.WT. kepada kita semua selaku hamba-Nya. Aamiin 🤲


Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang selalu kita tungu-tungu terutama bagi siswa-siswa sekolah SD, SMP, SMA bahakan di perguruan Tinggi pun mahasiswa sealalu merindukan bulan ramadhan. Lantas Kenapa Ya? ...



Betul banget karena di bulan ramadhan para siswa/i selalu larut dalam kegiatan yang tidak asing lagi yaitu sanlat (Pesantren Kilat). Tak ayal kegembiraan terpancar di raut wajah siswa/siswi sekolah.

Baca juga: Sejarah Singkat SMAS PGRI Naringgul

Berbeda dengan tahun -tahun kebelakang, sejak 2019-2024 SMAS PGRI Naringgul di isi dengan tema kegiatan SmartTren atau "Smart Pesantren"  yang merupakan program langsung dari Disdik Jabar. Menumbuhkan budi pekerti merupakan salah satu tujuan utama dalam kegiatan SmartTren ini, dengan demikiannilai-nilai religi, nilai-nilai kebaikan dapat lebih di tanamkan melalui lingkungan sekolah.


Teta Susilawati, Ketua Osis Periode 2019-2020; Rindu Sekolah, Siswi SMAS PGRI Naringgul membuat sebuah puisi yang menyentuh hati.

 

Ada beberapa bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam SmartTren ini diantaranya:

  1. IMAM - Infaq Masal Aktualisasi Masagi adalah program Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang rutin dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Program ini merupakan kegiatan yang direncanakan dalam pengumpulan infaq dan sedekah secara masal selama bulan Ramadhan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA/SMK/SLB di Jawa Barat.
  2. Gerakan Wakaf Al-Qur'an - Program GERAKAN WAKAF AL-QURAN selama bulan Ramadhan yang dilakukan oleh peserta didik SMA/SMK/SLB di Jawa Barat, dengan mekanisme penyaluran/Pemberian wakaf langsung oleh siswa diserahkan ke Mesjid2/Pesantren, Lembaga pendidikan yang membutuhkan. Tujuan utama program ini adalah Mengimplementasikan pendidikan karakter dan mencintai Al-Qur'an

 




Beginilah para siswa-siswi SMAS PGRI Naringgul mengisi kegiatan di bulan Ramadhan ini, dalam kesibukan dan semangat bulan Ramadhan, siswa-siswa telah menemukan panggilan yang lebih tinggi dari sekadar menahan lapar dan haus. Mereka berkolaborasi dalam program kebaikan sosial.

0 Comments